Sistem Politik

Apa yang disebut dengan system politik dan contohnya?
Sistem politik adalah suatu struktur atau system yang dianut suatu Negara untuk proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembuatna kebijakan, keputusan, menyangkut kegiatan partai politik, intelegensi pemerintah dan ormas-ormas yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat.
Contoh system politik :
Sistem politik demokrasi Indonesia, system politik liberal dan system politik komunis.

Apa yang disebut dengan system politik komunis, demokrasi dan liberal?

  • ·         Sistem politik negara komunis:

Pemerintahannya berciri sentralistik, peniadaan hak milik pribadi, peniadaan hak sipil dan politik, mekanisme pemilu terbuka, tidak ada oposisi, adanya pembatasan arus informasi dan kebebasan berpendapat.

  • ·         Sistem politik Negara liberal:

Adanya kebebasan pikir tiap individu & kelompok, pembatasan kekuasaan dari pemerintah dan agama; penegak hokum; pertukaran gagasan bebas; system pemerintahan transparan yang memberi jaminan hak2 kaum minoritas.

  • ·         Sistem demokrasi:

Sistem politik yang berdasarkan pada nilai, prinsip, prosedur dan kelembagaan yang demokratis.

Mengapa system politik demokrasi dianggap lebih cocok bagi masyarakat dewasa ini?
Tidak dapat dipungkiri lagi mengapa demokrasi dianggap lebih cocok di berbagai Negara, hal ini karena system demokrasi memberi wewenang dan aspirasi masyarakat untuk menentukan sendiri berbagai kebijakan yang akan diterapkan kepada masyarakat itu sendiri. Di sini masyarakat akan memberikan dukungan atau tuntutan melalui infrastruktur dan pada akhirnya memberikan hak kepada suprastruktur untuk melaksanankan kebijakan tersebut baik dari segi pengesahan dan penerapan. Pada akhirnya masyarakat mendapat segala kebijakan yang diinginkan dan dianggap sesuai dengan nilai, norma dan peraturan yang ada.

Jadi, apa yang dimaksud dengan infrastruktur dan suprastruktur politik?
Infrastruktur sendiri berarti badan2 yang menyalurkan aspirasi masyarakat yang berupa tuntutan dan dukungan terhadap kebijakan. Yang termasuk infrastruktur adalah partai politik, organisasi masyarakat, media massa, kelompok kepentingan, kelompok penekan, tokoh politik dan pranata politik lainnya.
Suprastruktur berarti semua lembaga yang ada di dalam konstitusi Negara baik legislatif, eksekutif dan yudikatif yang berperan dalam mewujudkan cita2 & tujuan masyarakat atau Negara dalam suatu kebijakan.  

SEMOGA BERMANFAAT
APABILA ADA KEKURANGAN HARAP DIMAKLUMI

Comments

  1. winny kok chatboxnya ilang?
    win nomor 5 ga ada ya? :DD

    ReplyDelete
  2. Cory pat.. :) Chatboxnya wkt t mo di upgrade jd pop up, egh lupa msukkin ke HTML script jdna ilang... lols~ Anyway sorry for number 5, aq gtwu jwbna.. Hahhaaha~

    ReplyDelete

Post a Comment

Your comment is our priority to be better, thanks for the support :)

Komentar Anda adalah prioritas utama kami untuk menjadi lebih baik, terimakasih atas partisipasinya :)

Popular posts from this blog

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli