Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Plato
Negara adalah suatu tubuh yang senantiasa maju, berevolusi, terdiri dari orang-orang (individu-individu).

Jean Bodin
Negara adalah keseluruhan dari keluarga-keluarga dengan segala miliknya, yang dipimpin oleh akal dari seorang penguasa yang berdaulat.

George Jellineck
Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman yang tertentu.

Kranenburg
Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

Thomas Hobbes
Negara adalah suatu tubuh dibuat oleh orang banyak beramai-ramai, masing-masing berjanji akan memakainya menjadi alat untuk kemanan dan perlindungan bagi mereka. 

Jean Jaques Rousseau
Negara adalah perserikatan dari rakyat bersama-sama yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda anggota-anggota yang tetap hidup dengan bebas merdeka. 

Karl Max
Negara adalah suatu alat kekuasaan bagi manusia (penguasa) untuk menindas kelas manusia lainnya.

Hans Kelsen
Negara adalah sebuah tertib hukum. Tertib hukum yang timbul karena diciptakannya peraturan-peraturan hukum yang menentukan bagaimana orang di dalam masyarakat atau negara itu harus bertanggungjawab terhadap perbuatan-perbuatannya.

Miriam Budiardjo
Negara merupakan integrasi dari kekuasaan politik, ia adalah organisasi pokok dari kekuasaan politik. 

Bellefroid
Negara adalah suatu masyarakat hukum, suatu persekutuan hukum yang menempati suatu daerah tertentu dan yang diperlengkapi dengan kekuasaan tertinggi untuk urusan kepentingan umum.

Prof. Mr. Soenarko
Negara adalah suatu jenis dari suatu organisasi masyarakat yang mengandung tiga kriteria yaitu harus ada daerah, warga negara dan kekuasaan tertentu.

Prof. Mr. M. Nasrun
Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup yang tertentu (khusus) yaitu harus memenuhi tiga syarat pokok, rakyat tertentu, daerah tertentu dan pemerintah yang berdaulat.

 Harold J. Laski
Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.

Roger H. Soltau
Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Logemann
Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaanya mengatur serta menyelenggarakan sesuatu masyarakat. Organisasi itu suatu pertambatan jabatan-jabatan dan lapangan-lapangan kerja.

J.C.T Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto
Negara ialah persekutuan hukum yang letaknya dalam suatu daerah tertentu dan mempunyai kekuasaan tertinggi guna menyelenggarakan kepentingan umum dan kemakmuran bersama.

HRT. Sri Soemantri Martosoewignjo
Negara adalah organisasi kekuasaan, karena di dalam setiap organisasi yang bernama negara selalu dijumpai organ atau alat perlengkapan yang mempunyai kemampuan untuk memaksakan kehendaknya kepada siapapun yang bertempat timggal dalam wilayah kekuasaanya.

Sumber: Ilmu Negara & Teori Negara (Prof. Dr. I Gede Pantja Astawa, SH., MH. dan Dr. Suprina Na'a, SH., MH.)
    

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli