Tuesday, 24 January 2012

7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Imlek, Mengapa?

Berbicara mengenai imlek, rasanya tanpa batas banget budayanya. Tidak heran, ada banyak tahayul dan mitos berkeliaran di seputar imlek.

Berikut adalah 5 hal utama menurut para leluhur dan merupakan larangan di saat imlek hari pertama: 

1. Gak Boleh Megang Sapu (alat bersih apapun gak boleh nampak)


Kenapa gak boleh? Para tradisonalis mengatakan bahwa sapu dan alat pembersih lainnya gak boleh nampak karena dipercaya akan menyapu rezeki di hari pertama. Seluruh rumah harus sudah dibersihkan sebelum Tahun Baru, karena bersih-bersih itu dianggap membuang hal-hal buruk sepanjang tahun lalu.

2. Gak Boleh Berbicara Kasar Atau Mengandung Unsur Buruk

Kata-kata buruk dan tak beruntung merupakan tabu di hari pertama tahun baru. Terutama, karena kisah seram biasanya terkait dengan kematian.Kata-kata kasar harus dihindari karena akan mencerminkan kehidupan dalam 1 tahun mendatang.

3. Gak Boleh Memegang Benda Tajam (Terutama Jarum, Pisau, Gunting dsb)
Memegang benda tajam pada hari tahun baru dianggap sebagai hal buruk karena bisa ‘memotong’ hal-hal baik terutama kebahagiaan dan keberuntungan. Gunting dan pisau serta benda tajam lainnya disarankan untuk disimpan pada hari sebelum hari pertama tahun baru.

4. Gak Boleh Cuci Rambut

Lho kok gak boleh? lagi-lagi mengenai lunturnya keberuntungan, Anda tidak mencucinya untuk memastikan keberuntungan takkan ikut luntur.

5. Gak Boleh Mecahin Barang

Mecahin barang berarti membeli! OOoops! Salah, maksudnya gini loh, mecahin barang pasti musti disapu, jadi ada kaitan dengan poin nomor 1. mecahin barang berarti memecahkan berkah yang diberikan, simbol penolakkan gitu. Jadi, hati-hati lain kali di hari pertama.

6. Gak Boleh Nangis
Nangis itu simbol kepedihan dan duka. Menitikkan air mata dilarang pada hari tahun baru. Sebab itulah anak-anak diampuni dan tak diberi hukuman atas kesalahan yang mereka lakukan pada hari tersebut.


7. Gak Boleh Beli Sepatu
Berbelanja sepatu dibatasi sampai 1 hari sebelum imlek. Sebab, kata sepatu merupakan homonim untuk kata ‘sulit’ dalam bahasa Kanton. Jadi sepatu itu lama-lama jadi simbol kesulitan, jadi tidak disarankan untuk membeli sepatu di hari pertama imlek.


OK, so itu 7 tahayul di hari imlek. Percaya gak percaya, namanya juga tradisi, apapun yang terjadi tradisi haruslah dipelihara dan dilestarikan. Namun, jangan juga sampai pemikiran kita termakan rasa tradisionalis, kepercayaan terhadap tradisi berlebihan hanya mencerminkan masyarakat yang tidak pernah maju.

Penulis undur diri, Happy Chinese New Year for those who are celebrating.

HAVE A NICE DAY :)

Special thanks:
web.inilah.com/read/detail/1821852/10-tahayul-saat-imlek

0 comments:

Post a Comment

Your comment is our priority to be better, thanks for the support :)

Komentar Anda adalah prioritas utama kami untuk menjadi lebih baik, terimakasih atas partisipasinya :)